◄ Min  Size Fonts: + | - | ± Color: Max ►

Add Rich Snippet Markup Microdata for Blogger

Koben sekarang akan berbicara mengenai rich snippet dimana konten ini meliputi data microdata, microformats dan RDFa. Dimana setelah 3 search engine (google, Yahoo! & Bing) sepakat memakai struktur format tersebut agar skema struktur markup data sebuah web/blog terbaca lebih indah di mata ketiga search engine :) Ket: Introducing schema.org: Search engines come together for a richer web. Pertanyaan timbul untuk apa dan berfungsi sejauh manakah fitur rick snippet terhadap sebuah blogsite/website? Jangan bertanya pada saya, tapi baca saja keterangannya ya Rich snippets (microdata, microformats, and RDFa). Setelah sekian lama bergelut mempelajari hal ini, Beben Koben si bloglang anu ganteng kalem tea akan berbagi mempermudah pemahaman dan penerapan sistem rich snippet microdata ini ke dalam blog format blogger blogspot ;)

Mungkin penerapan sistem microdata akan berbeda pada setiap web penerima. Tapi secara garis besar trik snippet yg digunakan sama saja. Masalahnya tinggal pintar² kita dalam mengakali galat yg terjadi pada web penerima :D
Agar kalian bisa melihat kisi-kisi hasil trick snippet microdata, gunakan beberapa tools berikut yang memang tercipta untuk hal ini ;))

  • Rich Snippets Testing Tool
  • Masih dalam bentuk beta, sehingga akurasi hasil masih dipertanyakan. Agar hasil lebih optimal, gunakan saja cara jitu dengan melakukan buka web penerima tujuan. Ex: www.google.com, yahoo.com & bing.com. Simpan link kalian pada kotak search, tanpa diikuti dengan http:// Lihat bagaimana tampilan hasil search, apakah sudah sesuai dengan aturan microdata :D
  • Debugger Facebook Developers
  • Tools untuk melihat hasil tampilan web/blog kita terhadap web penerima yaitu facebook.
  • Form Action Blogspot Share To Google+
  • Tools buatan saya biar bisa berbagi ke halaman google+ secara instant. Tentu kita bisa melihat efek tampilan snippet juga dari sana :))
Lakukanlah testing dengan jalan 2 kali. Link saat pada keadaan home page, dan link saat pada keadaan single post. Agar kita bisa melihat perbedaannya, dan yg terpenting apakah sukses atau gagalnya kita melakukan trik ini.Bloglang
Alat melihat hasil sudah tersedia, sekarang saatnya memasukan rumusan kode snippet microdata kedalam template kita masing-masing.

Berikut beberapa list links penting dalam melakukan markup blogger with schema.org microdata.

http://homebiss.blogspot.com/2011/11/schema-blogger-rich-snippets-testing.html
Schema.org microdata markups for Blogger blogs! Passes +Snippet and Rich Snippets Testing Tool!
http://homebiss.blogspot.com/2011/11/markup-blogger-schemaorg-examples.html
How to markup Blogger blogs with Schema.org microdata. Examples provided. Put an end to your +Snippet headaches!
http://homebiss.blogspot.com/2011/11/open-graph-tags-for-blogger.html
Facebook-friendly Open Graph Tags for Blogger blogs. Passes Debugger Tool!
http://alt.pathawks.com/blogger-open-graph.html
Open Graph data in Blogger!
http://www.simplebloggertutorials.com/2011/07/add-open-graph-protocol-meta-tags-to.html
Add Open Graph Protocol Meta Tags to Blogger by simplebloggertutorials.

Terserah sobat mau pakai yg mana, karena semua itu benar adanya. Karakter template yg berbeda-beda memungkinkan adanya perbedaan dalam pemanggilan kode dengan unik ID yg tertera. Koben sendiri memakai versi dari simplebloggertutorials dengan opsi For advance use b-) Ternyata berhasil dan sukses. Bila sudah terpasang kode pilihan kalian, maka tinggal bermain dengan tools yg Koben sebutkan di awal postingan tadi ;)) INGAT!!! Lakukan testing dengan URL home page & URL single post.
Lebih jauh melihat hasil dari trick ini yaitu kala seseorang berbagi link salah satu postingan web/blog kita ke situs jejaring! Pokoknya mah penting hal ini teh bagi keindahan blog kita di mata search engines ;)) Good luck :)
Happy microdata \m/

Loading...
XAdd Rich Snippet Markup Microdata for Blogger

Subscribe my posts Register For Free!

6 comments

[?] g+ convert

DO NOT EVEN TRY ADD LINK [-X
You can use some HTML tags, such as
<b> - <i> - <a> - http://...jpg/gif/png/bmp - http://youtu.be/...


MISC

Resources

WANT BE HERE!!! CONTACT ME :P

FACEBOOK PAGE