◄ Min  Size Fonts: + | - | ± Color: Max ►

Enable Google Plus Comments in Blogger Customize Template

Hai blogger, baru saja kemarin perombakan terjadi pada bagian html editor template blogger! Sekarang google selaku pengembang blog berbasis blogspot sudah mengeluarkan lagi terobosan terbaru di bagian comments Berikut beberapa link informasi resmi mengenai mergernya comments google+ dengan comments blogger:
  1. blogger buzz.
  2. official blog.
  3. blogger help.
Sebelum masuk ke acara bagaimana cara mengaktifkan comments google+ agar berkerja di blog, ada beberapa hal penting yang mesti diperhatikan oleh kita.
[-] Threaded Comments II for Blogspot.
Bagi sobat yg sudah mengkatifkan sistem threaded comment, seluruh kode & javascript tidak akan berkerja lagi.
[-] Emoticon For Blogger.
Hack penanaman emoticon pada sesi komentar akan turn off alias tidak berfungsi lagi.

Mungkin yang terakhir kita akan disibukan dengan harus membersihkan kode-kode CSS dan script yg tidak terpakai lagi di dalam blog kita! Lantas langkah apa yg mesti di lakukan terlebih dahulu sebelum benar-benar memasang comments google+ tertanam ke comments blogger? Kita harus mempelajari untung ruginya dulu ;)
Kerugian
Kehilangan beberapa hack/snippet yg sudah kita lakukan di bagian komentar. Menghilang tampilan comments (Published / Spam) yg ada di dashboard!
Keuntungan
Kolom komentar terlihat baru, terintegrasi langsung ke halaman google+, fitur reply sudah tertanam, tombol g+ sudah ada di dalam bagian komentar, bisa memasukan & melihat link postingan yg kita ikuti, Apa-apa yg terjadi di google+ akan terlihat juga di blog kita! dll :d

BeforeAfter

Kekurangan dari New google+ commenting system

   Google+ ready stock - Untuk membuat komentar di blog, pembaca harus memiliki akun Google. Jika mereka tidak memiliki, mereka akan dipaksa untuk membuat akun Google sebelum mereka dapat mengomentari blog. Pengomentar tidak akan lagi mendapatkan pilihan untuk masuk menggunakan OpenID, atau membuat komentar anonim.
   Pilihan Moderasi - Saat ini, default blogger memiliki opsi untuk menyetujui dan menolak komentar yang ataupun tidak akan tampil di blog. Tanpa mekanisme moderasi yang tepat, maka akan lebih sulit untuk berurusan dengan spammer.
   Widget recent comment - Widget recent comment yang bekerja pada komentar blog mungkin tidak bekerja dengan baik karena ini tergantung pada komentar blogger.
   Update: Sistem komentar baru memiliki beberapa pilihan untuk menangani komentar bernada spam. Google menambahkan secara otomatis dan akan menyembunyikan komentar yang menurutnya spam. Kita dapat meninjau komentar tersembunyi dengan mengklik blue review comments bar.post-imageKita dapat menghapus komentar dengan meng-klik pada V di sisi kanan komentar.post-image

Keuntungan dari New Google + Commenting System

   Lihat semua diskusi tentang Blog pada satu tempat sekaligus. - Ketika seseorang berbagi posting kita di google +, akan muncul di google plus komentar.
   Pilihan untuk komentar publik atau pribadi untuk Lingkaran mereka - Google + sistem komentar memungkinkan pembaca untuk komentar publik atau pribadi untuk Lingkaran mereka di Google+.
   Melihat Komentar - Pembaca dapat memilih untuk melihat semua komentar, atau hanya komentar atas atau hanya yang dibuat oleh orang-orang di kalangan mereka
   Ada Komentar tidak akan hilang - Tidak seperti komentar Facebook, semua komentar Blogger lama Anda masih akan terlihat di Blog Anda dan jumlah komentar tidak akan hilang.
   Terlihat lebih baik - Sistem komentar baru benar-benar bersih dan terlihat jauh lebih baik daripada standar Blogger.

Cara Mengaktifkan Blogger Comments ke Google+

Langkah mengaktifkan comment google+ terhadap blog pada dasarnya ada dua langkah pokok.
  1. Mengintegrasikan blog kita dengan google plus integrate your blog with google plus.
  2. Hidupkan (turn on) google+ comments.
post-imageSetelah blog kita terintegrasi dengan google+, kita akan dapat menggunakan google+ comments.enable-google-plus-commentsSetelah langkah ini dilakukan, kalian akan melihat google+ comment system di blog. Jika tidak muncul, maka harus melakukan tweak template untuk memunculkannya. Jika tidak mau mengubah kode HTML, cara termudah adalah mengembalikan widget templates ke default (kalian akan kehilangan kustomisasi yang dibuat untuk Blog Post Widget jika melakukan ini)
LAKUKAN BACKUP TEMPLATE TERLEBIH DAHULU, TAKUT TERJADI APA-APA BOOO!
Untuk melakukan revert widget templates to default ikuti langkah² berikut
Go to Template > Edit HTML and click on the Revert Widget Templates to default button, select the Blog1 Widget and click on the Revert Selected widgets button.post-imageJika sobat masih tidak mau melakukan tweak terhadap template, maka jalan satu-satunya adalah melakukan penambahan kode secara manual!

Langkah-langkah mengaktifkan google+ comment system ke dalam custom blogger template

  1. Go to Template > Edit HTML
  2. Klik di dalam template editor window, tekan Ctrl + F dan temukan kode berikut <b:includable id='comment-form' var='post'>
  3. Klik tanda panah untuk memperluas kode widget.
  4. Tambahkan kode berikut sebagai baris berikutnya (tepat di bawah langkah ke 2) KODENYA
  5. Save template.
  6. Pergi ke google+ tab dan aktifkan google plus commenting system.
  7. DONE.
post-imageOpsi baru cara mengaktifkan comments google plus...
Cari yang terlihat seperti ini (Press Ctrl + F dan cari threaded_comments or comments)post-imageGanti tulisan yg diberi tanda dengan<b:include data='post' name='comment_picker'/>Good luck :)
Resource: blogger widgets & blogger how
Happy blogging \m/
Loading...
XEnable Google Plus Comments in Blogger Customize Template
Mengaktifkan fitur komentar google plus ke dalam default blog dan kustomisasi blogger template
Subscribe my posts Register For Free!

31 comments

[?] g+ convert

DO NOT EVEN TRY ADD LINK [-X
You can use some HTML tags, such as
<b> - <i> - <a> - http://...jpg/gif/png/bmp - http://youtu.be/...


MISC

Resources

WANT BE HERE!!! CONTACT ME :P

FACEBOOK PAGE