◄ Min  Size Fonts: + | - | ± Color: Max ►

The Making of Widget / Gadget

Iseng lagi sob gak ada kerjaan. Sudah mumet mau kemana lagi mencari ide postingan yang gaya punya untuk dibagi. Sebagai si bloglang anu ganteng kalem tea Beben menclok ke halaman ini How to create a simple Gadget for Blogger with the new API! Kalau ada sobat yg mahir dalam script bisa mencoba membuat widget sendiri (bagus lagi untuk semua blogger) b-) Disana @amandafazani selaku owner dari web blogger buster menerangkan secara sederhana bagaimana cara membuat satu buah widget buat blogspot ;)) Secara default didalam blogspot sendiri telah tersedia beberapa gadget dengan kategori Basics, Featured, Most Popular, More Gadgets, Add your own.

Khusus untuk gadget dengan category Add your own, disini ini gaya dan uniknya sob :D Secara mamih google sudah menyediakan pembuatan widget ini. Bagi yg memang paham mengenai script dapat melihat dokumentasi google mengenai hal ini Gadgets for Blogger, dan silahkan buat gadget yg berguna bagi semua blogger Indonesia [khususnya] dan dunia pada umumnya ;)) Contoh ada, tempat testing ada, sarana sudah ada dan tinggal kitanya saja nih memperdalam script :-"

Gadget?

Gadget API terdiri dari beberapa blok bangunan sederhana: XML, HTML, dan JavaScript. Untuk memulai, yang kita butuhkan adalah pemahaman dasar tentang HTML. Kami akan mengajarkan semua yang perlu diketahui tentang XML untuk menulis gadget. Kemudian, ketika kita menulis gadget yang lebih canggih, kita mungkin akan belajar beberapa JavaScript.

XML adalah bahasa markup tujuan umum. Ini menggambarkan data terstruktur dengan cara yang baik manusia dan komputer dapat membaca dan menulis.

XML adalah bahasa yang akan digunakan untuk menulis spesifikasi gadget. Gadget adalah hanya file XML, ditempatkan di suatu tempat di internet di mana Google dapat menemukannya. File XML yang menetapkan gadget berisi petunjuk tentang cara untuk memproses dan membuat gadget. File XML dapat berisi semua data dan kode untuk gadget, atau dapat memiliki referensi (URL) untuk mana untuk menemukan sisa elemen.

HTML adalah bahasa markup yang digunakan untuk halaman format di internet. Isi statis gadget biasanya ditulis dalam HTML. HTML terlihat mirip dengan XML, tapi itu digunakan untuk memformat dokumen web daripada untuk mendeskripsikan data terstruktur.

JavaScript adalah bahasa scripting dapat kita gunakan untuk menambahkan perilaku dinamis untuk sebuah gadget.

Mari kita lanjutkan berkreasi menggunakan add your own gadget ini!!! Walau kita sebagai newbie, tenang saja teman-teman, Beben juga kagak bisa kalau buat widget mah ;;) Disini Beben si bloglang anu ganteng kalem tea akan berbagi caranya bagaimana mendapatkan sebuah widget dan ternyata tidak ada didalam kategori gadget bawaan blogspot b-) BigFootNote Langkah-langkah awal persiapan:

  1. Bukalah halaman berikut.
  2. Open this link Add gadgets to your homepage! Nanti sobat akan melihat jejeran gadget yg sudah jadi disana!!! Lihat pada sebelah kiri, ada kategori yg bisa dipilih, silahkan klik untuk mempersingkat mencari gadget yg diinginkan.
  3. Pilihlah gadget kalian.
  4. Sebagai contoh, Beben ambil gadget TV Watch.
  5. Trik mengambil link untuk dijadikan gadget.
  6. Setelah mengklik link pada langkah ke-2, maka akan tampak sbb:

    tv watchLalu carilah link yg bertuliskan SOURCE!, kemudian klik dan lihat di address bar browsingan?

    link addressAmbilah semua link tersebut yg ada pada address bar, lalu lari ke halaman Design ► Page Elements ► Add a Gadget ► pilihlah Add your own ► masukan link yg tadi di address bar!

  7. Final example result.
  8. Silahkan tunggu loadingannya beres yak ;:))
Beberapa link gadget pilihan Beben, mungkin sobat mau coba...
  1. http://www.webcams.travel/services/gadget/randomwebcam.xml
  2. Menampilkan gambar web cam diseluruh jalan kota hawaii :D Gambar tersebut akan reload terus setiap refresh.
  3. http://hosting.gmodules.com/ig/gadgets/file/116495266976257712756/facebook.xml ERROR
  4. Menampilkan facebook secara mini. Mantap :-bd
  5. http://www.blogger.com/gadgets/post.xml ERROR
  6. Gadget post, untuk membuat postingan menjadi mudah.
Jika gadget sudah jadi, sobat dapat meng-add lewat mari Blogger Gadget Submissions. Kalau mau lebih melatih bisa loncat ke API Developer's Guide Gadgets API.
Happy widget ria sobat-sobat :-h \m/
Loading...
XThe Making of Widget / Gadget

Subscribe my posts Register For Free!
[?] g+ convert

DO NOT EVEN TRY ADD LINK [-X
You can use some HTML tags, such as
<b> - <i> - <a> - http://...jpg/gif/png/bmp - http://youtu.be/...

al-Quran

MISC

Resources

WANT BE HERE!!! CONTACT ME :P
1 2 3 4 5 6 7 8 9

FACEBOOK PAGE