◄ Min  Size Fonts: + | - | ± Color: Max ►

Struktur Template Blogger Blogspot

Tutorial ini adalah panduan cepat untuk mengajarkan bagaimana untuk mengubah atau mendesain template blogspot sendiri. Sangat mudah untuk dipahami dan diikuti, khususnya bagi mereka yang tidak memiliki pengetahuan dalam pemrograman HTML. Tutorial dibagi menjadi beberapa sub-modul tutorial yang menjelaskan bagian-bagian tertentu dari desain template blogspot secara rinci. Cara terbaik untuk belajar adalah dengan pergi melalui satu urutan modul satu per satu. Tetapi jika kita sudah familiar dengan dasar-dasar, bisa langsung menuju ke dalam modul yg lebih maju. Modul sebelumnya difokuskan pada menjelaskan struktur dasar dari desain template dan kode template sehingga kita mengerti lebih lanjut tentang template blogspot pada umumnya. Modul kemudian menjelaskan setiap bagian dari template blogger secara lebih rinci dan membantu kita pergi melalui proses pengkodean dan merancang template di sebuah langkah demi langkah pendekatan. Dalam tutorial, beberapa nama dan istilah didasarkan pada desain template bawaan (contoh), tapi disini akan dijelaskan secara umum, sehingga kita mendapatkan gambaran yang lebih besar dan dapat beradaptasi dengan desain template yang berbeda.

Struktur template Blogger

Sebelum merancang template, harus memiliki gagasan tentang apa struktur dasar template ini. Umumnya, struktur aktual dari setiap template tidak persis sama. Namun, dengan mengetahui struktur dasar, kita dapat dengan mudah mendapatkan ide-ide tentang bagaimana untuk men-tweak template tersebut, desain template, dan bagaimana mengubahnya menjadi struktur yang berbeda.

Beberapa bagian dari struktur template yang jelas dari apa yang dapat dilihat pada blog yaitu: header, footer, dan bagian posting. Tetapi ada beberapa bagian (biasanya ini dinamakan bagian blocks atau containers) yang tidak terlihat pada layar komputer, tetapi HTML ini penting untuk membangun template menjadi praktis dan tepat.

Untuk memulai, struktur template pada dasarnya mengandung blok dari kontainer yang terlihat seperti ini:

structure template

Susunan blok dari terbesar sampai terkecil:

  1. Body: blok paling luar adalah body template (pada dasarnya semua yang tampak pada layar komputer).
  2. Outer-wrapper: wadah ini mencakup seluruh template (body lebih luar pada template). Secara umum, kita membangun sebuah wrapper untuk menempatkan beberapa blok yang lebih kecil di dalamnya. Blok yang paling umum di dalam ini outer-wrapper adalah Header, Content, dan Footer.
  3. Header: blok ini adalah bagian paling atas pada blog. Tapi di dalam Header kita akan memiliki sub-blok juga - Header Judul blok, blok Deskripsi Header, dan lain-lain seperti banner Adsense, menu bar, dll Jadi, untuk membungkus semua sub-blok di dalam satu wadah besar, wadah terbesar di bagian header biasanya Header-wrapper yang membungkus di dalam segalanya.
  4. Content: Posisinya dibawah Header Content wrapper pada dasarnya yang paling penting wadah blok semua. Segera di dalam wrapper ini adalah wadah sidebar (1,2 atau jumlah sidebar) dan wadah utama (yang berisi posting, komentar, atau beberapa iklan).
  5. Footer: merupakan wadah yang paling bawah dari template. Seperti pada bagian Header, kita juga akan memerlukan footer-wrapper mengandung sub-blok di bagian footer.
  6. Main: Main-wrapper adalah wadah yang paling luar pada bagian utama yang masuk ke dalam wrapper-content. Di dalam main-wrapper ini adalah blok Post, blok Komentar, Tanggal Header, dan widget lain yang dibuat dari opsi Add Page Element.
  7. Sidebar: merupakan blok yang berisi semua widget pada bagian sisi template. About me, Label, Arsip, Teks, HTML, Adsense, dll. Komposisi template blogger standar, biasanya akan menemukan hanya 1 sidebar, maka template 2-kolom (Main dan Sidebar). Tapi sebenarnya mudah untuk menambahkan beberapa nomor sidebars. Yang paling umum adalah 2 sidebar, atau template 3-kolom. Kita akan melihat dari seri tutorial yang berikutnya setelah kita memahami struktur template! Semua mudah untuk menambah dan memindahkan sidebar ke kiri atau kanan pada main container template.
  8. Blog Post: blok ini berisi hal-hal penting. Judul Posting, isi pos, post author, label, dll
Salah satu cara lain untuk melihat struktur ini adalah dari sudut pandang hierarchical. Mulai dari kontainer terbesar ke wadah sub, struktur akan tampak seperti Hierarchical Structure Blogspot.

Setelah kita memahami struktur dasar, maka akan lebih mudah untuk mulai belajar tentang struktur dari kode template Blogger. Belajar struktur kode tidak belajar HTML atau CSS, tapi lebih tentang bagaimana kode template terorganisir, yang cukup banyak seperti bagaimana mengatur struktur kontainer. Ini mengejutkan bahwa bahkan dengan sedikit pengetahuan tentang pemrograman web, kita dapat menyesuaikan template cukup banyak hanya dengan memahami struktur dasar dan beberapa bahasa CSS.

Untuk langkah-langkah selanjutnya sobat dapat mengikuti dari sini :DTambahan dari google help mengenai artikel ini!

Learning and knowing about the body tags

Semoga dengan artikel ini kita tidak akan kebelinger lagi dengan kode-kode yang ada di blogspot :) Terima kasih semoga bermanfaat.

Resource by: Our Blogger Templates.

Loading...
XStruktur Template Blogger Blogspot

Subscribe my posts Register For Free!

2 comments

[?] g+ convert

DO NOT EVEN TRY ADD LINK [-X
You can use some HTML tags, such as
<b> - <i> - <a> - http://...jpg/gif/png/bmp - http://youtu.be/...

al-Quran

MISC

Resources

WANT BE HERE!!! CONTACT ME :P
1 2 3 4 5 6 7 8 9

FACEBOOK PAGE